Panduan Lengkap: Cara buat Ikamet (Izin tinggal) di Turki 2024

Apa itu ikamet ?

Bagi orang asing yang akan tinggal di Turki melebih batas waktu dari visa yang di dapat atau akan tinggal di Turki lebih dari 90 hari maka di perlukan Residence permit ( Izin tinggal ) atau sering di sebut dengan IKAMET. IKAMET adalah perizinan tinggal di turki bagi orang asing yang di rekam dan di data oleh pemerintah turki khususnya pusat imigrasi turki dan diberikan dalam bentuk  kartu seperti KTP di Indonesia.

Jenis jenis IKAMET

1.   Short-trem Residence permit (Kısa dönem)

Perizinan ini diperuntukan : turis, orang yang sedang magang, penelitian, keperluan bisnis, belajar Bahasa turki, pertukaran pelajar, 6 bulan tinggal setelah kelulusan universitas, Dll.

Biasanya perizinan ini paling lama adalah 1 tahun, namun dapat di perpanjang setelah masa perizanan akan habis, tetapi untuk belajar Bahasa turki total perizinan paling lama adalah 2 tahun, dan bagi lulusan universitas paling lama 6 bulan dan tidak dapat di perpanjang. Perizinan  ini dapat saja di batalkan perizinannya jika berada di luar turki selama kurang lebih 120 hari.

2.   Family Residence permit (Aile)

Perizinan ini diperuntukan : orang asing yang menikah dengan penduduk asli turki, anak dari pasangan campuran (penduduk asli turki dan orang asing), kependudukan turki berdasarkan tempat kelahiran (lahir di turki), Dll.

Biasanya perizinan ini memiliki beberapa syarat khusus, seperti pendapatan, tempat tinggal, asuransi kesehatan dll. Perizinan  ini dapat saja di batalkan perizinannya jika berada di luar turki selama kurang lebih 120 hari.

3.   Student Resident permit (öğrenci)

Perizinan ini di peruntukan : orang orang yang belajar di institusi/universitas turki.

Perizinan ini hanya diperuntukan si pelajarnya saja, tidak termasuk orang tua atau keluarga lainnya.

4.   Long-term Residence permit (uzun dönem)

Perizinan ini diperuntukan : orang asing yang telah tinggal minimal 8 tahun di turki dan
ingin melanjutkan masa izin tinggalnya di turki.

5.   Humanitarian
Residence permit

Perizinan ini diperuntukan : orang asing yang mana jika ia meninggalkan turki akan membahayakan dirinya, atau orang yang mendapat perlindungan internasional. 

6.   Residence permit for victims of human trafficking

Perizinan ini diperuntukan : orang asing yang akan memperpanjang masa tinggalnya dari 30 hari menjadi 6 bulan dengan suatu alasan seperti keamanan, kesehatan, Dll. Tetapi total perizinan paling lama adalah 3 tahun.

Cara mendapatkan Student residence permit

Langkah pertama :

1.     Datanglah ke turki dengan menggunakan visa pelajar.

2.     Harus mendapatkan cap masuk imigrasi turki di bandara.

3.     Buat asuransi Kesehatan setelah sampai di Turki.

Langkah kedua :

1. Daftar aplikasi izin tinggal di turki melalui Website kantor Imigrasi (https://e-ikamet.goc.gov.tr/

2.    Cetak aplikasi pendaftaran kamu.

3.  Minta surat tanda pelajar (Student Letter) di kampus masing masing. Atau anda dapat mengambilnya dari E-davlet.

4.  Pergi ke kantor imigrasi terdekat (tanpa harus membuat appointment/janji temu ) untuk mendaftarkan sidik jari kalian. Berkas yang di butuhkan hanyalah formulir pendaftaran, paspor dan surat tanda pelajar. 

5. Pergi ke kantor pajak untuk membayar pajak pembuatan IKAMET atau biasa bayar online mengunakan credit card.

Langkah ketiga :

Siapkan berkas-berkas yang perlu dikumpulkan di kampus masing-masing. Berkas-berkas tersebut adalah :

1.     Formulir aplikasi pendaftaran izin tinggal yang telah tertera kode pendaftaran sidik jari.

2.     Potokopi :

–          Halaman identitas paspor

–          Visa

–          Cap masuk turki terakhir

–          Ikamet lama bagian depan dan belakang (khusus bagi yang perpanjang IKAMET atau telah memiliki IKAMET sebelumnya)

3.     4 buah poto biometrik.

4.     Surat tanda pelajar terbaru (maksimal 15 hari setelah tanggal pengambilan)

5.     Asuransi Kesehatan

6.     Surat resmi keterangan tempat tinggal

Adapun beberapa surat resmi keterangan tempat tinggal yang dapat di pakai adalah :

·    Untuk penyewa rumah : surat kontrak rumah yang telah di noter ( Noter tasdikli Ev kontratı) atau Dokumen Tempat tinggal dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Kewarganegaraan Turki (Nüfus ve Vatandaşlık İşleri Genel Müdürlüğü-Yerleşim Yeri (İkametgâh) ve Diğer Adres Belgesi)

·   Untuk yang tinggal di rumah milik sendiri : surat sertifikat tanah (tapu) dan asuransi gempa (deprem sigortası)

·    Untuk yang tinggal di asrama : surat tinggal dari asrama, surat wewenang asrama (imza sirküsü), dan Surat keterangan pajak (vergi levhası).

·       Untuk yang tinggal bersama penanggung jawab di Turki (Taahttüt ile), ini terbagi menjadi dua.

Ø  jika penanggung jawab (taahüt eden) adalah orang Asing (bukan orang Turki) maka berkas yang diperlukan adalah:

                                                    i.     Potokopi IKAMET bagian depan dan belakang

                                                   ii.     Potokopi halaman identitas paspor

               iii.     Dokumen Tempat tinggal dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Kewarganegaraan Turki (Nüfus ve Vatandaşlık İşleri Genel Müdürlüğü-Yerleşim Yeri (İkametgâh) ve Diğer Adres Belgesi)

                                                 iv.     Faktur langganan air, listrik, atau gas (Fatura)

Ø  Jika penanggung jawab (taahüt eden) adalah orang Turki maka berkas yang diperlukan adalah :

                                                         i.          Potokopi Kimlik (IKAMET penduduk Turki)

                          ii. Dokumen Tempat tinggal dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Kewarganegaraan Turki (Nüfus ve Vatandaşlık İşleri Genel Müdürlüğü-Yerleşim Yeri (İkametgâh) ve Diğer Adres Belgesi)

                                                      iii.     Dokumen Pendaftaran Populasi keluarga Lengkap (Tam Vukuatlı Nüfus Kayıt Örneği)

                                                      iv.          Faktur langganan air, listrik, atau gas (Fatura)

                        Catatan :

o   Semua berkas harus atas nama penanggung jawab (taahüt eden)

o   Jika penanggung jawab (taahüt eden) sudah menikah maka kuduanya (suami dan istri) harus menjadi penanggung jawab (taahüt eden)

 

7.     Informasi Akun UETS PTT (harus ada Nomor E-tebligat yang berawalan 15 atau 42) dari Direktur PTT. (khusus bagi yang telah memiliki IKAMET sebelumnya)

8.     Tanda bukti pembayaran pajak pembuatan IKAMET

Langkah keempat

  1. Serahkan seluruh berkas ke kampus masing-masing degan menggunakan stopmap kertas berwarna merah muda (pembe dosya).
Pembe dosya - ikamet

2. Tunggu sampai ada kabar dari  kantor imigrasi melalui e-mail atau sms ke nomor yang telah dicantumkan di aplikasi.

3. IKAMET akan di kirim ke alamat yang telah dicantumkan di aplikasi.

Hal hal yang perlu diperhatikan

Hal hal yang perlu diperhatikan

1.  Siswa harus bertanggung jawab untuk menindaklanjuti aplikasi mereka. Harap patuhi dan ikuti aturan dan peraturan untuk menghindari segala jenis masalah dan hukuman, seperti membayar denda atau di deportasi.

2.  Kantor migrasi mempertimbangkan formulir aplikasi online anda, dengan demikian proses aplikasi untuk tinggal secara legal di turki harus dilakukan sebelum vallidasi visa atau tanggal izin tinggal anda kedaluwarsa. 

3.  IKAMET adalah izin tinggal personal, tidak mencakup keluarga.

4.  Segala proses pembuatan izin tinggal di tanggung oleh kantor imigrasi turki. Untuk mengetahui segala jenis pembaruan (update) ikuti Website www.goc.gov.tr 

5.  Jika e-mail atau nomor telepon anda ganti segera informasikan ke kantor imigrasi.

Informasi tambahan

Disclaimer : Tulisan ini di buat pada tanggal 31 Juli 2024. Kami ingin mengingatkan bahwa informasi yang kami berikan berdasarkan data yang tersedia hingga saat ini. Jika ada pembaruan pada sistem e-ikamet, sumber utama informasi selalu dapat ditemukan di situs resmi e-ikamet. Pastikan untuk selalu memeriksa situs tersebut agar Anda mendapatkan informasi terbaru.

Nomor komunikasi kantor imigrasi : 157

_____

 

Download brosur cara pembuatan IKAMET di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *